Jumat, 20 Juni 2014

TOKO OEN


Rasanya belum sah traveling ke Malang tanpa mampir di Toko Oen. Gerai ini sudah ada sejak zaman Belanda, menyuguhkan aneka eskrim yang nikmat rasanya. Atmosfer toko yang kuno terpelihara apik, seperti kembali ke masa lampau.

Sebagai kota sejuk di Jawa Timur, Malang diminati banyak wisatawan. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat traveling ke kota ini adalah Toko Oen. Tak hanya jadi destinasi wisata, tapi juga ikon Kota Malang. Letaknya di Jl Basuki Rahmat No 5.

Toko Oen dibuka sejak tahun 1930, letaknya persis di jantung Kota Malang. Toko ini masih memelihara interior kuno ala zaman Belanda, wisatawan seperti masuk mesin waktu saat menyambanginya. Toko ini bahkan pernah dikunjungi presiden pertama RI, Ir Soekarno.

Menu paling tersohor di Toko Oen, tentu saja eskrim. Bahan-bahan dan cara pembuatannya masih sama seperti zaman Belanda dulu. Selain eskrim, steak lidah juga jadi menu favorit wisatawan. Sambil menyantap hidangan, Anda bisa melihat piano dan radio kuno dipajang di dalam ruangan. Ada juga mesin toko kuno, serta gambar-gambar ala 'tempo doeloe' yang dipajang di dinding.

Para pelayan toko berseragam putih mendorong troli, semuanya menggunakan peci. Barangkali tidak ada lagi restoran di Indonesia yang pelayannya berseragam seperti ini. Kami memesan eksrim. Anak, istri dan adik saya memilih eskrim cokelat dan durian sementara saya memilih eskrim cocktail.

Ternyata benar, rasanya sangat nikmat dan lembut. Satu scoop harganya Rp 13.000. Selain eksrim dan steak lidah, ada juga kue-kue manis ataupun asin yang nikmat dimakan sambil minum kopi. Puas dengan Toko Oen, kami pun melanjutkan berkeliling sambil melihat-lihat Kota Malang saat akhir pekan.

Inilah penampakannya dari toko ooen,tada.................




Nah....itu dia info tentang toko ooen, silahkan mampirrrrrrrrrrrrrr :) : )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar